Sabtu, 13 Maret 2010

Apa…ayah masuk rumah sakit…???”

“Hampir seminggu ini gw hampir di buat gila oleh sikap keluarga,ibnu dan avio yang ngga ngomong sama gw,telpon ngga di angkat,sms ngga di bales,dan setiap di Tanya mereka semua menghindar ,trus di kantor ibnu hanya bicara saat membahas masalah kerjaan ,selepas itu dia engan untuk obrol,bener-bener udah kaya atasan sama bawahan aja,parah nya lagi avio masih marah,tapi gw ngga ngerti dia marah kenapa ,apa masih masalah cincin batok itu ya…aduh…..pusing….gw mesti Tanya siapa ya….?” Dirga terus berpikir sambil mengutak-atik phone book nya,dan akhir nya dia menemukan orang yang tepat untuk di introgasi about avio ,ya siapa lagi kalo bukan rogaye alias gye,dirga langsung cabut dari kantor nya menuju flacap,itu…itu tempat mengkais rezeki nya gye and avio.

Suara deru motor bertabur debu di sore hari membuat jalanan seakan-akan berada di gurun polusi kota Jakarta ,namun suasana seperti itu berubah saat tiba di depan flacap yang begitu tenang walau di kunjungi manusia dari berbagai kalangan,elemen dan suku yang menikmati sore hari dengan bersantai-santai sambil melepas penat setelah seharian tadi udah menguras otak dan tenaga,jadi selepas pulang kantor ,enak nya nongkrong kaya sekarang ini.

Baru aja dirga mo masuk ke dalam ,pas banget gye keluar tanpa pakaian seragam flacap,itu menandakan kalo gye udah selesai jam kerja nya,dirga ngga mau membuang-buang waktu lagi,dengan gesit nya dia langsung menghampiri gye,hingga membuat gye kaget dan penyakit latah nya jadi kambuh dech

“ gggg’yeee…….” Sambil menepuk pundak g’ye

“ iye…..eh..iye….iye…iye….” sambil mengangguk-angguk kan kepala nya

“ guk…angguk…angguk….angguk….” dirga terus menggoda g’ye sambil terpingkal-pingkal melihat tingkah g’ye

“ ngguk….eh..hheh…ih…udah dong,kan ape…eh ape….,dirga please dech…” sambil memukul dirga

“ iya…iya…abis nya lo lucu banget sich,btw lo mo pulang ya….”

“ engga,gw mo kondangan….udah tahu gw mo pulang make nanya lagi,lagian ade ape lo kemari?,kalo mo ngupi langsung aja kedalam…”

“ eh ngga sich,gw kemari mo minta tolong sama lo…”

“ mengenai apa nich,let me guess…this about dinner last week or avio…”

“ ya…kedua-dua nya….”

“ oke…gw bakal Bantu lo ,kalo gw bisa tapi ada syarat nya…”

“ syarat…kaya dukun aja make syarat segala….”

“ beh ribet lo ya,mao kaga..?”

“ iya…iya…syarat nya apa….”

“ lo mesti puasa 40 hari 40 malam,terus berendem di air keras,terus bertapa di tengah rel kereta api…gimana….” Sambil senyum-senyum ngga jelas

“ sini tangan lo,sekarang tangan lo udah ada di leher gw,lo cekek aja gw sekalian sampe modar,dari pada gw ikutin syarat lo….kenapa ngga sekalian aja lo bunuh gw pake upil…”

“ ya..ellah…segitu sewot nya,nyantai aja bung…yang tadi gw Cuma becanda,lagian gw juga ngga mau masuk busser kali…!!,oke syarat nya lo mesti ceritain yang sebenar-benar nya mengenai malam dinner di rumah oma lo,yang kedua lo jangan bikin temen gw jadi kaya ayam ke ilangan induk nya itu,setiap hari kerjaan nya manyun aja,males ngomong,pokok nya ngga kaya avio yang dulu dech,ngga ada ceriah-ceriah nya acan….”

“ oke gw ceritain dari awal ya….lo dengerin baik-baik nich cerita,jangan sampe ke tiduran….”dirga langsung mencerita semuan nya tanpa ada yang ter tinggal sedikit pun ,sangkin serius nya g’ye sampe ngikutin gerakan –gerak kan dirga,emang dasar g’ye penyakit latah nya udah akut banget jadi nya kaya gitu tuh,udah kaya bayangan dirga aja,dirga diri,gye ikut diri,dirga duduk g’ye iokut duduk ,Cuma kentut aja yang ngga di ikutin soal nya ngga keliatan pas keluar,paling bau nya doang yang kecium,setelah mendengar cerita dirga,g’ye masih penasaran mengenai hubungan mereka berdua

“ oh…gitu cerita nya,kalo gw boleh tahu sebener nya lo ada hubungan apa sich sama pio…”

“ vio…bukan pio…” koreksi ucapan

“ iya….ter serah lo dah…beda v sama p aja protes,kaya di DPR aja….”

“ gw sama dia ,yaahhh….Cuma temen aja,kaya bank sama nasabah nya aja….”

“ makksudd looo….sumpah ya gw ngga ngarti,tapi bodo amat dech…,sekarang gini aja ,lo tinggal jawab ya atau ngga….biar ngga ribet…,pertama lo pacaran sama vio…?”

“ ah…jangan gila dong,masa gw pacaran sama cewe’nyebelin kaya dia,ya…ngga lah…parah gila…..udah…parah…abis itu gila….iihhh ogah…”

“ gila ye….jawaban lo panjang amat kaya kereta,timbang bilang ngga aja,make pendahuluan dulu ,kaya proposal aja lo…ribet,t’rus lo cinta sama dia…”

“ ah…gokil nich pertanyaan….,eh bu….mana mungkin gw suka apalagi cinta sama dia,lo tenang aja dech,type gw tuch kaya gitar sepanyol,bukan kaya suling kaya vio,rata ngga ada body nya….,udah dech lo ngga osah khawatir kaya gitu,gw itu ngga nafsu sama temen lo itu…..”

“ oh…gitu,lo ngga suka dan ngga nafsu sama vio,lah t’rus ngapain lo susah-susah nyari in dia,…tapi bagus dech kalo vio bukan type lo,lagian gw juga lebih srek kalo avio sama ibnu…,soal nya pas gw lihat mereka tadi cocok banget,kaya romeo dan Juliet…”

“ eh…tunggu…tunggu ,barusan lo bilang ngeliat avio sama ibnu,kapan…di mana…” sambil menguncang pundak g’ye

“ aduh….apa-apaan sich lo,bisa berkurang nich lemak gw kalo lo oyak-oyak gw gitu,lagian lo kenapa segitu panic nya ,atau jangan-jangan lo cemburu ya….?”

“ eh sorry….gw…gg..ww..cemburu…? ya ngga lah,gw Cuma pengen tahu aja, kok bisa ibnu jalan sama vio,bukan nya ibnu kesel banget sama vio and gw…itu aja...” masa sich gw cemburu,ya ngga mungkinlah,tapi kenapa gw jadi bete ya pas denger g’ye bilang ngeliat vio sama ibnu lagian berduaan gitu..aduh..apa apa an sich….stop dech ,jangan gila gitu ga

“ lo kenapa ga .pake garuk-garuk kepala kaya gitu,tombean atau kutuan…he…he…he…”

“ sialan lo,rambut keren kaya gini lo bilang kutuan sama ketombean…yang ada kecoaan …puas..” dengan nada bete and sewot

“ biasa bung,ngga osah pake urat,emang sich awal nya ibnu bete banget pas dateng,t’rus pas mereka selesai ngobrol,sikap ibnu jadi ceriah lagi,kaya biasa nya,oh iya tadi lo bilang lo ngilangin cincin batok gitu ya….”

“ iya…” mengangguk dengan polos nya

“ yah…terang aja lo di cuekin sampe di lalerin kaya gini,lo juga sich make ngerebut cincin batok segala,asal lo tahu ya,cincin itu berarti banget buat dia,soal nya cincin itu pemberian dari pacarnya…”

“ emang nya dia punya pacar,bukan nya dia bilang ngga mau pacaran…?,t’rus pacar nya anak mana ?”

“ tuh mulai lagi cemburu nya,penasaran ya….,dia emang punya pacar ,anak sekampung nya,teman kecil nya gitu,tapi itu dulu,karna cowo’ nya itu udah meninggal…”

“ dasyat,,,tragis bener….”

“ gila ya…cowo’avio mati lo seneng banget ,gw jadi tambah curiga nich sama lo…”

“ maksud gw bukan begitu,tapi innalillahi wa’inna’illahi rojiun…semoga arwah nya diterima disisi allah swt…amin…”

“ dasar ,bocah gemblong,ikan cucut ngga nich….”

“ ikan cucut….apa an tuh…”

“ maksud gw lanjut…,cincin yang lo hilangin itu sama aja lo ngilangin nyawa dia,jadi ngga semangat gitu,secara tuh cincin berharga banget bagi avio,soal nya ada nilai historys nya gitu…jadi kalo masalah nya karna cincin itu gw angkat tangan dech ,kalo perlu angkat kaki ,itu kalo bisa,gw Cuma bisa Bantu pake doa doang…”

“ jadi lo ngga bisa ngebujuk dia gitu,atau cari jalan keluar nya sama sekali,t’rus nasib gw gimana…dong,?”

“ oh itu…itu ya derita lo….udah yech…gw pulang dulu secara malam ini kan malam minggu gw mo indehoy dulu sama yayang revo….tapi ngga ada salah nya lo coba usaha nemuin dia lagi siapa tahu aja dia mau dengerin lo ….dahh….”

“ ya…selamat ber senang-senang,salam buat pacar lo decch…and thank you yah….” Kalo gini cara nya gw mesti nungguin vio di kostan nya aja,siapa tahu dia mo maafin gw,jadi bener ,vio cuek in gw gara-gara cincin itu,berarti avio bener-bener cinta mati sama tuh cowo’jadi penasaran kaya apa sich orang nya,udah ah,mendingan gw ballik dulu ,t’rus baru ke kost an nya avio dech.

Sementara itu di kantin graham cipta ,tempat siaran flying on the radio ,tampak ibnu dan avio yang sedang menikmati juice jambu sambil berbincang-bincang,sebelum siaran

“ vio kaya nya,sejak kejadian di rumah oma ,kamu agak lain,jadi sedikit bicara gitu,kamu masih marah sama aku ya,karna udah nuduh kamu yang macem-macem gitu….sorry ya…”dengan wajah menyesal

“ ah,masa sich,kaya nya aku biasa-biasa aja dech,ngga ada yang berubah,atau itu menurut kakak aja kali,lagian aku ngga marah kok,kalo mengenai kejadian itu,wajar kalo kalian mikir yang macem-macem…” tanpa menatap ibnu

“ tuh kan diam,kenapa sich,setiap aku nanya,kamu jawab nya singkat banget,sama banget pas kamu lagi siaran,kaya ngga ber gairah gitu…”

“ masa sich,ya udah….nanti pas siaran aku coba untuk lebih ceriwis lagi dech,ya udah ngga usah ngebahas masalah itu lagi,mendingan kopi nya di minum nanti keburu dingin….”

Sambil menikmati kopi yang masih mengeluarkan kepulan uap nya ,mata ibnu mengarah seorang pelayan yang agak kebingunan saat melayani tamu asing yang duduk tak jauh dari meja nya.

“ vio sebentar ya….” Sambil melangkah mendekati pelayan dan tamu asing itu ,seraya ber kata

“ bitte,was nehmen sie..?( maaf ,anda mau pesan apa?)” sambil tersenyum ramah,tak mau kalah dengan ibnu ,pria jerman itu balas tersenyum seraya ber kata

“ sprechen sie deutsch..?”(kamu berbicara bahasa jerman?)

“ ja,ein’ wenig…” ( ya, sedikit-sedikit....)

“ so ein zufall,ich mochfe,bringen sie mir bitte toast mit marmela de,und ein tasse cappuccino” ( sungguh suatu kebetulan,saya ingin pesan,saya ingin makan roti bakar dengan selai dan secangkir cappuccino)

“ sonst noch et was ? ( masih ada yang lain,tuan)

“ nein danke,das ist alles ich…” ( tidak ,terima kasih ,itu saja)

“ (einen) moment,bitte..”( tunggu sebentar),sambil memberi tahu pesanan pria bule itu kepada pelayan yang sedari tadi kebingungan mendengar kan ibnu dan pria asing itu bicara,pelayan itu baru mengerti saat ibnu menerang kan nya ,kemudian ibnu langsung kembali ke meja nya dan langsung menyeruput kopi nya. Avio langsung memuji ibnu

“ wah…aku kagum sama kak ibnu ,ternyata kakak bisa bahasa jerman juga,dan fasih banget,boleh juga nich kalo aku kursus bahasa jerman sama kakak….”

“ apaan sich….tapi boleh lah ,apa sich yang ngga buat kamu,jadi kapan kamu mau kursus bahasa jerman nya…..gimana kalo sekarang aja….”

“ oke…siapa takut….”

Dengan semangat avio langsung bertanya-tanya mengenai bahasa jerman,dan mereka pun mengakhiri perbincangan itu karna …avio harus siaran .

Jam menunjuk kan pukul 11 malam,udara pun kian terasa dingin,dengan sabar dirga menunggu avio pulang, tak lama batang hidung avio muncul juga di balik gelap nya malam,dirga langsung meng hadang nya

“ vio…gw perlu bicara sama lo…” tapi avio tak menjawab sepatah kata pun,vio terus saja berjalan menuju kamar kost nya,dirga tetap membuntuti nya dan menahan nya saat avio ingin masuk kedalam kamar nya

“ vio, dengerin gw dulu,gw kemari Cuma mo minta maaf,gw ngga tahu kalo cincin itu sangat penting bagi lo,sumpah gw nyesel banget dan gw maklum kalo lo ,ngga pernah jawab telpon gw,sms gw ,ketemu gw aja lo ogah,tapi itu wajar kok,karna gw udah ngilangin cincin berharga pemberian pacar asqa….tapi gw janji bakal nyari terus cincin itu, dan ber harap lo mau maafin gw…,vio kok lo diem aja sich ,ngomong dong ,atau marahin gw kek,atau lo mo pukul gw, lebih seneng kalo lo maki-maki,atau marah atau lo pukul gw dari pada lo diemin gw kaya gini,vio……”

Mendengar nama asqa di sebut ,malah membuat avio semakin marah

“ asqa,tadi kamu bilangan asqa,kamu jangan sok tahu dech ,dan aku ngga suka kalo kamu mengorek-ngorek informasi tentang aku dari teman-teman aku,dan aku kasih tahu ya sama kamu ,aku ngga mau ketemu kamu atau berurusan sama kamu lagi,dan satu hal lagi ,ini menyangkut hutang aku sama kamu,aku akan segera membayar nya….oke….dan sekarang aku mohon sama kamu untuk tinggal kan aku sendiri..please…”sambil meyimpuh kedua tanggan nya

“ tapi…,ah vio maksud gw bukan itu…gw…” dirga menghentikan ucapan nya saat avio mengangkat panggilan masuk dari hp nya

“ assalamu’alaikum….bunda…bunda…buinda kenapa…kok bunda nangis ada apa?...bunda jangan bikin aku panic dong,masya allah…ayah..ayah masuk rumah sakit….oke…oke bunda sabar ya,aku pulang sekarang…waalaikum salam” avio mengusap air mata nya dan bergegas masuk kedalam mengambil tas ransel nya ,tanpa pikir panjang avio langsung pergi meninggal kan dirga menuju travel untuk membeli tiket pesawat,namun dirga tak diam begitu saja apalagi melihat wajah avio yang begitu panic saat menerima telpon tadi ,dirga pun mengikuti kemana avio pergi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar